Senin, 28 November 2011

Tragedi 26 November 2011

Assalamu'alaikum wr. wb

Sahabat blogger, hari sabtu tepatnya tanggal 26 November 2011 adalah hari tahun baru Islam dimana juga hari itu adalah hari libur sekolahku. sahabat blogger, apa kalian tahu? hari itu adalah hari duka yang amat sangat mendalam bagi warga kutai kartanegara termasuk aku yang mendiami kota itu. awalnya aku kaget, aku masih ingat saat itu sekitar jam 16:30 WITA.  seperti biasanya aku bermalas-malasan didepan tv. tiba-tiba saja aku dikagetkan dengan suara bergemuruh.. seperti pesawat yang jatuh amblas dipertengahan kota.. "BrrRRRUUUUuuuKKKK!!!!!!!!". sontak aku sekeluarga bertanya-tanya.. ada apa? suara apa itu? apakah itu suara guntur?? ah, tidak mungkin, jika itu suara guntur.. lalu mengapa cuaca saat itu sangat cerah. bahkan awan terlihat biru laut. ini sangat aneh.. aku dan keluarga belum punya firasat apa-apa kawan, aku hanya menyepelekan suara itu.. lantas langsung hilang saja dipikiranku lalu akupun melanjutkan aktivitasku. tidak lama setelah suara itu muncul, tiba-tiba saja mati lampu. disinilah aku mulai merasa ada yang tidak beres. karena biasanya kalau mati lampu seperti ini ada yang terjadi. bisa saja ada yang kebakaran atau apa? akhirnya aku mencoba membuka FB lewat ponsel, kemudian aku membaca status temanku "Jembatan Mahakam Roboh!!!". ah, aku tidak percaya, masa sih jembatan mahakam roboh?? cari sensasi saja pikirku.. tiba-tiba saja ponselku berbunyi.. banyak kotak masuk yang memberitahukan berita yang sama. "Jembatan Mahakam Roboh!!!". tanpa habis pikir aku keluar rumah. dan ternyata sudah banyak orang-orang keluar untuk melihat jembatan yang menjadi kebanggaan kota raja itu akhirnya roboh dalam hitungan detik..

Ini gambar Jembatan Mahakam KuKar atau golden gatenya indonesia Sebelum roboh


Sesudah




sahabat blogger, aku sendiri benar-benar syok. aku hanya terdiam, berdiri dengan perasaan yang hancur.. tanganku bergetar, seakan-akan tak percaya dengan apa yang kulihat sekarang. suara ambulan mulai berdatangan, semua orang mulai mengerumuni tempat kejadian.. aku takut..aku khawatir kakakku ada disana.. karena kakakku rencananya ingin pulang ke tenggarong sekitar jam 4 siang. ya allah.. aku benar-benar syook melihat jembatan mahakam yang sudah habis rata seperti tanah. tinggal tiang-tiang penyangga yang berdiri kukuh namun sebenarnya didalamnya mulai rapuh. ah, baru saja sepulang sekolah aku lewat didepannya. jembatan itu masih berdiri gagah.. lalu? dimana jembatan mahakam yang megah itu? yang ketika malam jika dilihat begitu indah dengan kilauan cahaya yang terpantul dari sungai mahakam itu?? aku takut membayangkan orang-orang yang kukenal dan yang kusayangi masuk dalam insiden itu.. sampai akhirnya orang-orangpun mulai ramai berdatangan menuju lokasi. bahkan jalananpun macet total seperti jakarta! jarang sekali tenggarong mengalami macet. hari libur ini sungguh hari libur yang menakutkan bagiku. sampai sekarang suara roboh itu masih tergiang dibenakku. aku mengalami trauma. sekarang aku takut melihat jembatan itu, melewatinya saja aku tak berani. suara gemuruh yang aku dengar tadi sore masih tergiang giang dibenakku. hingga malam menjelang, jalanan masih saja macet dan orang-orang masih saja mengerumuni lokasi kejadian..

Esok harinya, sekarang sudah tanggal 27 November 2011, tidurku tadi malam tidak tenang, perasaan takut itu masih ada... pagi hari tak seperti biasanya, orang-orang sudah berkumpul. lagi-lagi warga tertuju pada jembatan mahakam. jujur saja, kemarin itu seperti mimpi saja. banyak yang tidak percaya jembatan mahakam yang baru berusia 10 tahun itu roboh. aku bersyukur keluargaku selamat tapi, aku tidak tau kabar teman-temanku bagaimana? Ya Allah, aku lupa bagaimna kondisi temanku saat ini? apakah mereka baik-baik saja? adakah teman yg melewati jembatan itu? langsung saja pagi itu aku membuka FBku aku terus mencari kabar mereka dan alhamdulillah mereka semua selamat! alhamdulillah pikirku, namun beberapa menit kemudian rasa lega itu tak lagi hinggap dihati yang mulai tenang ini. rasa lega itu berganti menjadi kedukaan yang amat mendalam, ternyata ada satu teman sekelasku waktu aku masih duduk dikelas 2 SMA. setelah insiden itu ia tidak ada kabar dan sekarang dia masuk jadi daftar orang hilang.  Appaaa??!! masa sih?? aku tak percaya, ya allah, bagaimana hatiku tak terpukul waktu itu? aku benar-benar khawatir.. semua orang bertanya akan keberadaan dia.. Oh tidak.. dimana kawan mucilku itu? ya allah, dimana kawan yang suka bikin tensi ku naik? ya allah, aku tak percaya saja dia menghilang..

sobat blogger, lagi-lagi aku syok mendengar berita tak mengenakkan ini. tau berita itu makanpun rasanya tak mau, beraktivitaspun tak mau.. malas. ya, yang aku pikirkan hanyalah seorang kawan. ya, temanku yang baik hatinya. walaupun dia nakal, mucil susah dibilangin, namun ia orang yang baik, ia sangat peduli, supel dan ramah. Ya Allah, dimanapun ia berada, kumohon lindungilah ia, berikan ia perlindungan ya allah.. tolong permudahkan Tim SAR mencari korban ambruknya Jembatan. sungguh sebenarnya aku tidak percaya mendengar kabar kawanku ini..sebelum ia menghilang kemaren malam ia les bersamaku. ia baik-baik saja. namun ada yang aneh dengannya. tak biasanya pakaiannya malam itu rapi sekali, rambutmu kau potong rapi, kau berubah, ya, ia sangat rapi sekali, aku, teman-teman juga Mr. yang mengajar agak heran melihat temanku yang mengubah gayanya. seperti orang lain saja. aku masih ingat, malam itu kau mengenakan kemeja biru dan celana panjang hitam. kau terlihat rapi dengan gaya barumu. aku masih ingat waktu itu, ketika Mr. Indra bertanya akan penampilanmu hari itu kau menjawab, "Because, I like my new style". oh, bukankah itu terakhir kali aku melihatnya? rasanya aku ingin menangis, namun aku berusaha untuk menahannya.. aku melihat daftar namanya di salah satu berita di televisi.. di informasikan korban tewas sementara ini sudah 11 orang. leherku tercekik menahan air mata. aku takut mendengar suara ambulan.. ntah aku sangat takut sekali jika mendengar suara itu aku jadi berpikir temanku.. sekarang aku mengalami trauma jika melihat jembatan itu.. aku sedih.. aku juga tak tahan mendengar berita tentang kawanku yang simpang siur tak pasti kebenarannya.. kawanku, kau dimana sekarang? kami disini khawatir akan keberadaanmu.. kami kangen teriakan bodohmu itu kawan.. kami kangen ketika kau memanggil seseorang dengan suara bass mu kau teriak, "Wooii!!!". kami kangen ketika kau tersenyum hangat. ketika kau memimpin upacara, kami juga kangen semua akan tingkah mucilmu itu kawan.. ketika kau marah, semuanyaa!! kami kangen semuanya !!  sekarang kau dimana? :(

sahabat blogger, sebelum ia menghilang.. tanpa kami sadari ternyata ia sudah pamit kepada kami, namun ia pamit secara tak langsung dan kami tak menyadari akan keganjilan yang ia perbuat selama ini.. sebelum ia pergi, ada kenangan yang membekas dalam memori kami. dan aku tak bisa menceritakannya disini.. aku benar-benar kangen dia. karena, setelah ia menghilang.. barulah kami menyadari.. seandainya saat itu kami menghalanginya untuk pergi ke jembatan yang akan roboh itu.. seandainya aku tahu.. ah, sudahlah, mungkin ini sudah takdir dari yang maha kuasa. namun selama kau belum ditemukan dan belum ada bukti kuat akan kabarmu sudah tiada. kami tetap optimis dan terus berdoa agar kau sehat dan segera ditemukan kawan.. tak bisakah kau bersama kami lebih lama? kita sebenatr lagi mau US bersama.. tetaplah disini bersama kami.. kita juga sebentar lagi mau lulus, kawan.. lulus SMA! tetaplah berjuang bersama kami kawanku.. jangan pergi.. kami masih ingin bersamamu disini... kami ingin tertawa bersamamu.. kami ingin kita melangkah bersama.. kami ingin kita sukses bersama kawan.. jangan menghilang begitu saja.. kasian keluargamu yang merindukanmu kawanku.. ibumu menangis, menunggumu dikosanmu. pulanglah kawan, leluconmu kali ini tak lucu! cepatlah pulang kawanku.. kami sedih jika kau terus menghilang.. kami rindu kau yang selalu tertawa.. kami kangen suara nge-bass mu.. kami juga kangen sepeda motor hijau yg sering kau bawa kesekolah.. ayolah kawan.. kami disini setia menunggu dan mendoakanmu... :(

Sahabat Blogger, hari ini hari senin, 28 november 2011, ia masih belum ditemukan.. entah mengapa tenggarong pagi hari itu dalam cuaca yang sangat mendung. terlihat raut muka siswa siswi SMAN 1 tenggarong pagi itu agak berbeda.. suasana agak tenang pagi itu, tak biasanya.. semua hening, lemas tak berdaya.. warga SMAN 1 Tenggarong benar-benar kehilangan sosok "kawan" yang sangat baik hatinya, ia peduli, pintar. walau sebenarnya aku tak begitu akrab dengannya tapi bagaimanapun juga aku pernah sekelas dengannya, ia sosok pemimpin yang bertanggung jawab. ya, aku masih ingat waktu aku masih sekelas dengannya. benar-benar pemimpin yang baik. namun terkadang ia juga menyebalkan, terkadang kami juga tak suka akan sifatnya. hari yang kami lalui biasa saja. namun setelah ia menghilang. kami benar-benar terpukul, entahlah, mengapa ini harus terjadi? semuanya terluka.. . semua menyadari betapa berharganya kehadiranmu disini, kawan.. ya allah tolong selamatkan ia.. berikanlah yang terbaik buat kami ya allah.. kawanku, apakah kau lihat upacara pagi ini? bendera setengah tiang ini untukmu kawanku...


lihatlah,, upacara hari senin pagi ini mengharu biru.. awan terlihat mendung, seperti menahan tangis, gurupun menangis berharap kau segera ditemukan.. bukan hanya guru, temanmu ini, semuanya menangis sesenggukan.. kami menunggu kawan, kami kesepian akan ketidakhadiranmu hari ini.. kami berharap kau segera pulang dan bersekolah lagi bersama kami kawan.. kehadiranmu saat ini sangat berarti.. kau harus tau itu kawan.. . kau tau? saat Indonesia raya dinyanyikan aku menangis mengingat kebaikan yang pernah kau perbuat. namun aku juga menyayangkan. mengapa aku jarang sekali ngobrol denganmu kawan? sungguh aku ingin berbincang lagi denganmu.. aku masih ingat waktu ulangan biologi dibagikan kau bilang padaku..

"Wadak nilaiku jelek wak, awak dapat berapa nin? Oh awak kena her jua kah? wadak coba wak liati nilaiku ni bah, jelek beneh, hahahahaaa...". 

lalu, jika aku belum selesai mengerjakan tugas her biologiku. kau bertanya, 

"eh nin! sudahkah? ni liati punyaku aja!".

aku masih ingat baik kenangan itu, bahkan pembicaraanmu masih terekam indah dimemoriku. aku ingin bercerita panjang lebar denganmu.. kawanku yang baik, aku kangen.. aku sedih sekarang ini, kawanku, aku menemukan sebuah puisi yang mirip seperti kondisi saat ini kawanku.. semoga kita semua dapat pelajaran dari apa yang terjadi pada hidup ini... maka dari itu, sayangilah orang yang disekelilingmu karena bila dia telah pergi, akan terasa betapa kamu akan kehilangannya... 
  kami menunggu kabarmu.. kawanku.. :(
cepatlah pulang, Chaesar...


" Rasanya Rindu "

Terkadang saat matahari terbit
Kita enggan melihatnya
Tapi setelah Matahari terbenam
Barulah Kita sadar, Betapa indahnya matahari itu

Terkadang kita merasa seseorang yg hadir
Mengisi hari-hari Kita terasa biasa saja
Tapi setelah seseorang itu pergi
Barulah Kita sadar, Betapa berartinya Seseorang itu

Sayangilah orang yg menyayangimu
Sebelum Seseorang itu Pergi
saat kita mulai menyayanginya
Kita Baru Tahu apa Artinya "Rindu "

Disaat Hati merasa gelisah
hanya CINTA yang bisa Meredamkannya
Disaat Hati dilanda kecemasan
Hanya RINDU yg bisa memahaminya

Disaat Hati merasa Ragu
Hanya KASIH SAYANG Yang bisa membuktikannya
Disaat Hati sedang Berjauhan
Hanya KESABARAN dan DOA tulus yg bisa Mempertemukannya

Semoga Tuhan
mempertemukan yang Terbaik buat kita

13 komentar:

Nisita mengatakan...

kakak... rumah kakak di dekat situ ya.. ya Allah.. sedih kak mbacanya.. sekarang temen kakak itu kbrnya gimana? pdhl jembatanna indah bgt klo malem2 bgtu.. :( sayaaang banget dalam sekejap harus rata begitu...

Ayarui Nina Chan mengatakan...

iya nit.. rumahku gak jau dari sana.. bener banget nit, jembatannya indah banget kalau malam apalagi klu diliat dari kejauhahan.. ada lampu lampunya yg terpancarkan disungai mahakam, ah jembatan itu tinggal kenangan sekarang :(

Temanku belum ditemukan nit. ini udah pencarian hari ke-5. sekarang aku pasrah aja nit, semoga allah menempatkan posisi yang terbaik. semoga dia baik baik aja aku harap dia selamat dan kembali lagi kesekolah :(

Nisita mengatakan...

udah 5 hari ya... iya kak semoga dtmptkan oleh Allah di posisi yg baik... susah jg cari korban d kdalaman yg klo liat d tv kyknya dalem gitu.. =_="
oh ya dulu tiap harinya kakak sering lewat jembatan itu ga kak?

Ayarui Nina Chan mengatakan...

gak tiap hari nit.. kalau pengen kesamarinda aja soalnya jembatan itu satu satunya jalur terdekat menuju tenggarong seberang sama samarinda. sekarang jembatannya udah gak ada lagi.. jadi susah kalau mau mudik nanti.. wah nit, kamu tau gak kedalaman sungainya itu sekitar 5 m. itu juga kadang gak nentu kedalamannya. katanya suka berubah ubah kedalamannya.. gak tau juga lah nit.. soalnya disini banyak mitosnya..

muhammad habibie karyanto mengatakan...

saya baru berkunjung blog nina.

sedih juga bacanya.

tetap semangat kawan, tetap berikan doa2 untuk sahabatnya! begitu juga saya. :)

Ayarui Nina Chan mengatakan...

makasih ka habibie udah berkunjung keblog saya.. iya kak, amin.. :) trima kasih ya kak.. .

Yan Muhtadi Arba mengatakan...

Turut berduka buat masyarakat tenggarong.
Aku juga kaget mengapa jembatan yang kelihatan kokoh seperti itu bisa ambruk. mungkin sudah takdir tuhan.
Semoga apapun yang terjadi, itu adalah yang terbaik buat kawanmu. Salam Kenal.

socafahreza's blog mengatakan...

ya allah turut berduka cita..
moga2 jembatan suramadu tidak terjadi hal demikian..
jika berkenan silakan di follow back ya..

Ayarui Nina Chan mengatakan...

@Yan Muhtadi Arba Amin, terima kasih ya kak atas kunjungannya. salam kenal juga kak :)

@socafahreza's blog iya ya, amin.. :) moga aja gak terjadi hal demikian.. wah, ok aku follow makasih ya :D berkunjung lagi ;)

Apriyandi mengatakan...

turut berduka ya nina..
smoga selamat saja...
abg kira nina juga kena..karena g ada update lagi...
:-)

semoga tabah...

Ayarui Nina Chan mengatakan...

@Ka apriyandi waahh!! gak kak.. emang sibuk nih udah kelas 3 SMA bentar lagi UN makanya jarang ngeblog.. waaaduuhhh nauzubillah.. hahaa... iya, sudah agak kuat hati ini kak.. hee.. makasih kak :)

Anonim mengatakan...

iiihhhh ninaaa.. aku msh ingat dlu wkt skelas sma chaesar.. wkt ulangan mtk.. aku sebangku sma dia, aku blg gni.. "sar, wac dh kh mtk.. ku blm ni bru 3 mh naa ku ngerjakan" . "yaa hk, ni wac liat aja.. ndia mun wac dh pdhi aku" . bis t ku da ftoi dr kertas ulangan ela, bis t berikan k'chaesar.. "chaesar, ni dh ku tulis, wac mh blm ni" . "tgk mana des cra mke hp wac ni" . "tgk ni naa chaesar" . "owhh..makasi des"
x sllu jw minjam pulpen ku krn pulpen.a sllu hilang.. sllu berikan contek'an dg ku.. klo makanan ku lbh, sllu bagi dg x.. klo ku skt, sllu nanya kbr ku.. terharu ku ingat masa itu.. aku pun menangis klo ingat wkt itu ku sllu berbagi dg x

Ayarui Nina Chan mengatakan...

@desita iya desita kanak tu memang baik orangnya.. peduli benehkan orangnya hehe.. . :) aku aja kadang kangen klu ingat kebaikannya tu.. bersyukur beneh aku nya ditemukan, alhamdulillah :)