Kamis, 26 Agustus 2010

Event ERAU Adat Pelas 7 Benua 2010

Hai guys!! MySpace
Kali ini saya ingin promosi tentang tempat tinggal saya, yaitu TENGGARONG!!! MySpace
Sejak tanggal 11 Juli 2010 s/d 18 Juli 2010 yang lalu di Tenggarong dilaksanakan acara Erau.


Erau berasal dari bahasa Kutai EROH yang berarti ramai, hilir mudik, bergembira, berpesta ria. Erau dilaksanakan secara adat oleh Kesultanan / Kerabat Kerajaan dengan maksud tertentu dan diikuti oleh seluruh masayarakat umum diwilayah administratif Kesultanan Kutai.
Did you know what is ERAU??
ERAU adalah Acara adat budaya yang digelar setiap tahunnya di kecamatan Tenggarong.
oouuw.. saya suka acara pembukanya, saya suka tariannya, musik khasnya, dll.





Foto diambil saat pembukaan Erau.

Terima kasih buat -Putri Caamutzz- Telah memberikan izin kepada saya untuk menampilkan hasil fotonya di blog ini :)

Erau tahun ini di beri tajuk Erau Pelas 7 Benua, karena pada Erau 2010 ini mempunyai maksud Kesultanan Kutai ingin menyatukan 7 kota/kabupaten yang berada di wilayah administrasi Kesultanan Kutai yang terpisah karena pemekaran wilayah Kabupaten Kutai.

Di pesta adat Erau ini tidak hanya upacara adat yang sakral dan hanya bisa disaksikan oleh masyarakat biasa melalui layar lebar yang dipasang diluar Keraton, tetapi yang membuat acara Erau selalu ramai dan menarik untuk disaksikan adalah karena ada perlombaannya seperti pertunjukan seni budaya, Lomba Olahraga Tradisional, Lomba Seni Tradisi, Festival Kuliner, Expo dan Pasar Rakyat, Pameran dan Seminar Budaya.

Hal yang paling saya suka kalau lagi Erau adalah EXPO sama pasar rakyat. I like it!! saya suka cuci mata aja sih kalau pergi kesana.. hiks.. hiks.. kasian.. dan berikutnya Foto dibawah ini saya dapatkan dari blog Beranda Hati disana menurut saya udah lengkap banget tentang penjelasan erau, silahkan klik kalau ingin tahu lebih lanjut tentang ERAU.

Upacara Menjamu Benua

Upacara Beluluh

Upacara Bepelas

Upacara Merangin Malam

Dan berikut adalah gambaran perlombaannya..

Lomba Perahu Ces

Cukup dengan uang seratus rupiah maka masyarakat bisa menikmati jajak (kue-kue) tradisional Kutai yang dijajakan disepanjang Sungai Tenggarong didepan rumah kediaman Sri Sultan hmm.. murah yah.. :D

Lomba Behempas Bantal di atas Sungai Mahakam

Petandingan Behempas

Sebenarnya perlombaannya masih banyak lagi, saya waktu itu ada foto gambar di EXPO, tapi HP saya kena virus, yaa.. terpaksa terhapus deh MySpace

Demikian cerita saya hari ini.. semoga kalian suka yah.. :D bye!! milkysmile

Tidak ada komentar: